Jumat, 09 November 2012

Masakan Kesukaan


 “ NASI GORENG AYAM “

Siapa sih yang tidak kenal dengan Nasi Goreng ?
Tentunya kita sudah pernah makan nasi goreng dong. Masakan khas Indonesia ini terdapat di mana-mana di wilayah Indonesia. Namun setiap daerah memiliki cara khas membuat resep nasi goreng yang berbeda. Di daerah Jawa Timur umumnya nasi goreng tidak memakai kecap, tetapi memakai saus sehingga warnanya merah. Namun sebagian besar di daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jakarta umumnya memakai kecap. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang masakan kesukaan saya yaitu NASI GORENG…..

Banyak orang yang menyukai nasi goreng, hampir semua orang pernah makan nasi goreng, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bagi ibu rumah tangga, nasi goreng merupakan pilihan alternative untuk menu sarapan anak-anaknya sekaligus untuk mempersingkat waktu dan juga cara membuatnya sangat simple dan tidak rumit.
Apakah anda juga suka dengan nasi goreng ? Taukah anda cara membuat nasi goreng ???
Nah kali ini saya akan kasih resep masakan Nasi Goreng Ayam.

Bahan :

·        Nasi putih  = 2 piring, pilih nasi yang tidak punel atau pulen.
·        Daging ayam = 100 grams
·        Telur ayam = 1 butir, kocok lepas.
·        Minyak goreng  = 2 sendok makan.
·        Kecap asin = 1 sdm
·        Kecap manis = 2 sdm
·        Kaldu sapi = 1 bungkus
·        Garam dan penyedap rasa secukupnya

Bumbu Iris :

·        Bawang Bombay yang sudah dicincang kasar = 30 gram.
·        Bawang putih = 1 siung di cincang halus.
·        Bawang merah diiris tipis = 1 butir.
·   Cabe merah besar = 2 buah iris tipis.
·        Irisan daun bawang = 1 sdm.
 
Bahan Pelengkap :
·         Telur mata sapi
·         Emping goreng
·         Irisan mentimum muda
·         Bawang goreng
·         Acar mentimun

Cara Memasak Nasi Goreng Ayam

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat nasi goreng.

1. Panaskan minyak kemudian tumis bawang bombay dan bawang merah hingga mengeluarkan aroma yang harum.
2. Masukkan kocokan telur, orak-arik hingga setengah matang kemudian masukkan sisa bumbu pertama kemudian aduk rata.
3. Masukkan daging ayam sampai berubah warna.
4. Masukkan nasi, lalu aduk sampai rata.
5. Tambahkan kecap asin,kecap manis, kaldu sapi, garam dan penyedap rasa kemudian aduk kembali sampai rata.
6. Masak hingga matang kemudian sajikan selagi hangat.


Nah itulah resepnya… Sajikan ketika masih hangat. Selamat mencoba dan semoga masakan Nasi Goreng anda enak.

Kandungan Nasi Putih dalam 1 piring mengandung 242 Kalori

Kandungan Nutrisi Nasi Putih banyak mengandung kandungan karbohidrat & air, sehingga manfaat nasi putih menjadi sumber tenaga utama yg cepat karena mudah diserap tubuh, nasi putih tidak memiliki serat sebanyak coklat & nasi merah. Oleh karena itu, nasi putih adalah makanan yg kurang cocok bagi anda yang menderita diabetes. Karena nasi putih mudah dicerna dengan cepat dan dapat menaikkan gula darah secara cepat pula. Jika anda penderita diabetes, maka kadar gula darah anda akan naik dengan cepat ketika mengkonsumsi nasi putih.
Dalam 100 gram beras putih mentah terkandung sekitar 80 gram karbohidrat, namun dalam 100 gram nasi putih hanya terkandung sekitar 28 gram karbohidrat karena beratnya bertambah besar dengan air sewaktu proses memasak.
Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan energi, fungsi dan pemeliharaan organ tubuh, dianjurkan mengkonsumsi 2 gram karbohidrat per kg berat badan, namun kalau anda mempunyai aktivitas olahraga yang tinggi dalam seminggu dan ingin menambah berat badan atau massa otot, maka kebutuhan karbohidrat bisa meningkat menjadi 3-4 gram per kg berat badan tergantung dari berapa ribu kkal anda berdiet dalam sehari. Misal berat badan anda 65 Kg, anda bekerja sebagai administrasi di kantor maka idealnya anda mengkonsumsi 130 gram karbohidrat per hari.
Begitu juga dengan anda yg ingin menurunkan berat badan (weight loss) akan lebih disarankan utk mengkonsumsi nasi merah daripada nasi putih. Karena mengkonsumsi nasi putih akan meningkatkan energi anda secara cepat, sehingga jika energi anda tidak segera dipakai maka tubuh akan menyimpan dan menumpuknya menjadi lemak sehingga menghambat program weight loss anda.

Selain itu Kandungan Nasi Putih mengandung protein
walaupun kandungannya kecil namun nasi putih tetap mengandung protein sekitar 2 gram per 100 gram nasi putih. Protein dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki sel2 yg rusak.
Tetapi karena jumlah proteinnya yg kecil, maka nasi putih lebih baik digunakan sebagai sumber energi utama daripada sumber protein.
Keunggulan nasi putih adalah kecilnya kandungan lemak jenuh, kolesterol dan sodium, bahkan tidak ada sama sekali. Nasi putih juga merupakan sumber yang baik untuk zat Mangan.

10 Manfaat Nasi Bagi Kesehatan

1. Sumber energi yang hebat. Nasi itu banyak mengandung karbohidrat yang bertindak sebagai bahan bakar bagi tubuh dan membantu dalam fungsi normal otak.
2. Bebas kolesterol. Makan nasi itu sangat baik bagi kesehatan, karena nasi tidak mengandung lemak yang berbahaya, yaitu kolesterol atau sodium. Nasi menjadi salah satu bagian dari diet yang seimbang.
3. Kaya akan vitamin. Nasi itu banyak mengandung vitamin dan mineral misalnya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin.
4. Banyak mengandung resistant starch. Nasi banyak mengandung resistant starch, yang akan masuk ke dalam usus dalam bentuk yang belum dicerna. Itu akan membantu pertumbuhan bakteri-bakteri yang berguna di dalam usus.
4. Mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Nasi tidak banyak mengandung sodium, dan dianggap sebagai makanan terbaik untuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi dan hypertensi.
5. Mencegah kanker. Whole grain rice misalnya brown rice itu banyak mengandung serat insoluble yang mungkin bisa melindungi anda dari berbagai jenis kanker. Banyak peneliti yang percaya bahwa serat insoluble itu penting dalam melindungi tubuh dari cell-cell kanker.
6. Mengobagi dysentery. Bagian kulit ari dari nasi dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati dysentery. Sekam padi yang berusia tiga bulan mengandung diuretic properties. Orang China percaya bahwa nasi dianggap meningkatkan selera, menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.
7. Merawat kulit. Para ahli medis mengatakan bahwa tepung padi bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit. Di wilayah India, air beras digunakan oleh praktisi ayurvedic sebagai obat yang efektif untuk mendinginkan permukaan kulit yang terbakar.
8. Mencegah Alzheimer’s Disease. Brown rice banyak mengandung neurotransmitter yang bisa mencegah Alzheimer’s disease.
9. Menguatkan jantung. Rice bran oil punya kemampuan antioxidant yang bisa menguatkan jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.
10. Mencegah konstipasi. Serat insoluble yang terdapat di nasi akan bertindak sebagai sponge lembut yang mendorong makanan untuk melewati usus dengan mudah dan cepat.

Kandungan Gizi/Nutrisi Pada Daging Ayam

Kandungan Gizi/Nutrisi Pada Daging Ayam - Tahun lalu di sebagian tempat dunia pernah dihebohkan wabah flu burung, khususnya di kawasan Asia. Sehingga banyak warga di daerah yang dilanda flu burung sangat takut mengkonsumsi daging ayam. Untuk menghapuskan kekhawatiran masyarakat tersebut, Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra turun ke masyarakat, dan bersama-sama dengan rakyat memasak dan mensantap daging ayam.

Sebagaimana diketahui, daging ayam adalah sumber makanan sehat. Daging, darah, kepala, otak, tembolok, bulu sayap, selaput dalam empela, hati, empedu, usus, dan telur ayam serta liur ayam jantan adalah bahan obat , dan banyak di antaranya sering menjadi bahan santapan banyak keluarga.

5 Manfaat Menkonsumsi Daging Ayam

Berikut lima manfaat yang didapatkan jika kita memakan atau mengkonsumsi daging ayam:
1.    Daging ayam dipercaya dapat menghilangkan gejala diare, nafsu makan yang menurun, anemia, serta ketidakseimbangan hubungan antara kerja limpa dan pankreas. Hal ini telah dilakukan dalam pengobatan tradisional di China.
2.   Daging ayam mengandung 9 asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, bermanfaat untuk pertumbuhan dan penggantian sel tubuh yang rusak.
3.   Daging ayam mengandung sejumlah asam amino Tyrosine, yang bermanfaat untuk otak sehingga menjadi lebih mudah untuk berkonsentrasi.
4.   Daging ayam mengandung Haeme iron (zat besi haeme) bermanfaat untuk mempertahankan simpanan zat besi pada tubuh, sehingga terhindar dari penyakit anemia.
5.   Daging ayam tidak menimbulkan alergi dan baik untuk dikonsumsi semua umur.

Sumber :


Nah sekarang anda sudah tau kan kandungan dan manfaat nasi dan daging ayam. Inilah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan. Bila ada kekurangan maupun kesalahan kata saya mohon maaf yang sebesarnya dan mohon dibenarkan. Semoga bermanfaat buat kalian:)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar